Pelatihan PEKERTI di Universitas Ciputra Maret 2015

Selasa-Jumat, 10-13 Maret 2015, Tim dari P3AI-ITS diundang oleh Universitas Ciputra sebagai narasumber untuk Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI). Peserta pelatihan adalah dosen Universitas Ciputra dan beberapa calon dosen dari kalangan dokter di beberapa rumah sakit di Surabaya. Materi-materi yang disampaikan adalah seputar kurikulum. Berikut sebagian topik yang disampaikan.

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015

Sistem Pendidikan Tinggi

Narasumber: Syamsul Arifin, M.T. (Ka. P3AI ITS)

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015, syamsul arifin

Materi tentang konsep Sistem Pendidikan Tinggi berdasar Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Satu hal lain yang juga dibahas adalah tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Capaian Pembelajaran Matakuliah

Narasumber: Syamsul Arifin, M.T. (Ka. P3AI ITS)

Materi ini tentang Menyusun Capaian Pembelajaran (CP) menurut taksonomi, dan merekonstruksi CP dalam satu matakuliah. Ada empat aspek yang harus diperhatikan dalam penyusunan CP program studi: aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, pengetahuan. Dalam aspek sikap dan keterampilan umum, ada poin-poin yang diwajibkan oleh Dikti sesuai dengan Permendikbud No. 49 Tahun 2014, boleh ditambah sesuai orientasi institusi.

Rumusan CP harus mencakup kemampuan, lingkup kemampuan dan standar kemampuan, dan berorientasi pada hasil belajar dan kompetensi mahasiswa di akhir perkuliahan. Salah satu taksonomi yang paling banyak diadopsi untuk penyusunan kurikulum adalah taksonomi Bloom, yang berbasis Kognitif, Psikomotor dan Afektif.

Rancangan Pembelajaran Semester

Narasumber: Dr. Aulia Siti Aisyah

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015, aulia siti aisyah

Materi ini memaparkan penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) 2014 Ps. 12 ayat 3. Termasuk poin-poin yang harus disebutkan di dalam RPS, diantaranya Nama Prodi, Nama MK, capaian pembelajaran lulusan, kemampuan akhir yang direncanakan, bahan kajian, dan metode pembelajaran, dan lain sebagainya.

Pembelajaran Orang Dewasa

Narasumber: Sri Fatmawati, Ph.D.

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015, sri fatmawati

Ada beragam alasan latar belakang yang menyebabkan mahasiswa tidak belajar. Berbekal pengalaman beliau studi di Jepang, mengajar di kelas, dan membimbing mahasiswa, Bu Sri Fatmawati berbagi pengalaman dengan peserta terkait macam-macam tips dan trik untuk berinteraksi dan memotivasi mahasiswa dalam belajar.

Praktik Microteaching

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015, microteaching

Beberapa perwakilan peserta menyajikan microteaching terkait matakuliah masing-masing. Tiap peserta diberikan alokasi waktu sekitar 15 menit untuk memeragakan cara mengajar, lalu diberikan saran dari Tim P3AI ITS dan peserta yang lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

pelatihan pekerti di universitas ciputra, p3ai its, maret 2015

Tim P3AI ITS

Syamsul Arifin, M.T.
Dosen Teknik Fisika ITS, Ketua P3AI, Tim Penyusun Kurikulum Dikti

Dr. Aulia Siti Aisyah
Dosen Teknik Fisika ITS, Pemenang beberapa Hibah e-Learning, Pengembang dan Pengampu Kuliah Daring

Sri Fatmawati, Ph.D
Dosen Kimia ITS, Peraih Penghargaan Peneliti Wanita UNESCO, LOREAL

Yusuf Bilfaqih, M.T.
Dosen Teknik Elektro ITS, Tim Penyusun Pembelajaran Daring Dikti

Dr. Widiyastuti
Dosen Teknik Kimia ITS, Peraih Grand Penelitian

Legetøj og BørnetøjTurtle